Ini postingan gua yang pertama setelah sekian lama ga buka blog lagi.
Jadi gini ceritanya temen-temen, kemaren pagi gua mau perpanjang STNK ke polres (atau apalah namanya) setempat, kesalahan gua yang pertama adalah gua bangun kesiangan, jadi pas dateng ke tempat sekitar jam 8.30-an, udah rame ama yang mau bayar pajak juga.
Masalahnya gua masih ada kuliah jam 10. Dengan sedikit panik gua mencoba masuk dan mendaftar.
Masuk ke ruangan ternyata udah banyak yang ngantri, waduh bisa telat kuliah neeh.
Inget pertama kali gua perpanjang STNK, disitu gua cuma tengak-tengok harus gua mulai dari mana.
Ternyata ga ada petunjuk alur pembayarannya, entah petunjuknya ditaruh di tempat yang ga strategis jadi gua ga liat, atau emang ga ada petunjuknya.
Akhirnya gua nanya ke bapa-bapa yang juga lagi ngantri.
Oke balik lagi ke cerita gua kemaren, karena udah pengalaman akhirnya langsung ke loket paling kiri. Disana tinggal kasih STNK dan KTP dan dikasih form registrasi.
Abis ngisi form, katanya disuruh ke loket di ujung kanan buat cek pajak progresif.
Haha, ini tata letak ruangannya canggih juga yak, masa gua harus mengarungi lautan orang-orang yang lagi ngantri dari ujung ke ujung ruangan.
Sampe di loket, lagi lagi ga ada petunjuk yang jelas. Sisi kanan loket buat masukin STNK, dan yang sisi kiri buat nunggu STNK selesai di cek.
Karena yang sisi kiri penuh orang nunggu, alhasil orang yang baru dateng buat cek STNK langsung ikut ngantri tanpa tau harus masukkin STNK-nya dulu ke sisi kanan.
Untungnya orang-orang pada baik buat ngasih tau harus ke sebelah dulu.
Satu lagi yang bikin gua kesel, fasilitas ini kan buat melayani orang banyak, kitapun dilayani buat bayar pajak.
Sepertinya kita semua para wajib pajak ga masalahin kalo uang kita dipake buat mamperbaiki fasilitas kita sendiri.
Jadi gini, di loket cek pajak progresif, itu cuma ada 2 orang staff, yang satu terima STNK, yang satu lagi di depan komputer buat cek STNK-nya.
Dilihat dari banyaknya yang ngantri, jelas-jelas loket ini butuh lebih banyak staff, seenggaknya ada 3 komputer dan staff-nya + 1 staff buat kumpulin STNK + 1 staff buat panggilin orangnya.
Belum lagi, katanya, "server kita cuma satu dan diakses ama beberapa daerah, jadi agak lama",
waduh pak, kalo server cuma satu kapan beresnya. Coba kerjasama ama mahasiswa ilmu komputer dah biar dibikinin sistem database yang efektif + tambahin servernya. Mahal sih, tapi kalo ga begitu lama-lama para wajib pajak malah males bayar cuma gara-gara capek ngantri loh.
Abis dari situ tinggal kasih STNK dan KTP ke loket yang ada di tengah terus dikasih nomer antrian. Nomer gua 108, tengok ke loket yang terakhir (buat dipanggil) ternyata layar buat nampilin nomer sekarang mati tapi tetep dipajang, ga ada perawatan kayanya, haha. Yaudah tanya sebelah lagi, ternyata baru antrian ke 45an katanya, Arrrghh.
Dan yang terakhir yang paling ngeselin. Karena gua lagi buru-buru mau kuliah lagi jam 10.00 dan ga mungkin sempet kalo ngantri, akhirnya dengan berat hati gua kasih nomer antrian dan uangnya ke nyokap yang emang dari tadi lagi nunggu gua ngantri. Terus gua minta bukti keterangan ke petugas kalo STNK dan KTP lagi ditahan disini karena kalo gua jalan tanpa STNK dan KTP terus ketemu polisi bisa gawat. Kata petugasnya ga bisa dibikinin bukti keterangan STNK, tapi gua agak maksa minta akhirnya dia bilang "yaudah bisa dibikinin tapi butuh fotocopy BPKB, KTP blablabla". Aduh repot juga yak. Yaudahlah, nekat aja berangkat ke kampus (perjalanan 45menit) tanpa STNK dan KTP.
Tadinya mau nulis kritik dan saran langsung, tapi kotak sarannya udah rusak. Jadi nulis di blog aja dah. Tulisan ini bukan buat mengejek atau merusak citra yang berwajib. Ini kritik dari orang yang emang secara langsung menikmati pelayanannya. Orang bijak pasti mau mempelajari kritik dan saran dari orang lain buat perbaikan mereka kedepannya.
Maap kalo dalam penulisan dan tata bahasanya kurang baik, maap juga kalo ada salah paham. Mungkin karena belum begitu mengerti tentang tatacaranya.
Sukses buat tugasnya, semoga lebih baik kedepannya. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar