Rabu, Maret 13, 2013

Jalan-jalan ke Ragunan

ragunan
     Kemarin libur hari raya nyepi, waktunya jalan-jalan lagii. Tujuan kita kali ini mau ke taman margasatwa ragunan DKI Jakarta.
Sebelum berangkat seperti biasa, cari informasi di internet buat jalan kesana, plus buka google maps biar lebih yakin. Ternyata ga jauh, kurang lebih 1,5 jam kalo dari bogor.
Tinggal naik kereta ke arah jakarta/tanah abang sama aja, terus turun di stasiun Lenteng agung. Nah dari situ kita harus nyebrang rel kereta dulu kearah pintu keluar stasiun yang deket pasar.
Setelah melewati kios-kios pedagang kita bakal ketemu jalan raya tepatnya di pertigaan.
Jalan yang bener itu kita harus nyebrang terus jalan ke arah pasar lenteng (turunan terus nanjak lagi).
Disana udah ada angkot M17 warna biru yang langsung mengantar kita ke pintu timur ragunan.
Nah, karena informasi yang minim, akhirnya kita salah naik angkot. untung ada ibu-ibu baik yang memberitahu.

Gajah
     Ragunan merupakan taman wisata kebun binatang yang cukup digemari oleh wisatawan lokal, berada di tengah kota pasar minggu cukup mudah untuk diakses oleh kendaraan umum. Di lokasi seluas 140 hektar ini terdapat berbagai macam jenis hewan. Dari rusa, orangutan, gajah, zebra, singa, buaya, macam-macam burung dan lain lain. Tempat yang cukup menarik buat wisata terutama yang punya anak, agar mengenal margasatwa sejak dini.

     Harga tiket masuk cuma Rp.4.000,- kalo anak anak Rp.3.000,-.
Didalam sana sudah ada kereta wisata yang bawa kita keliling ragunan. Selain itu ada bebek-bebek-an dan perahu naga di dekat danau. Oia, disana juga ada gajah yang bisa dinaikin loh.
Pokonya seru deh. Di Ragunan juga ada masjid tapi kalo hari libur rame banget. Ada pusat konservasi primata, pertunjukan ular dan lain lain tapi harus bayar lagi.

Banteng     Saran buat urusan makan, lebih baik bawa makanan sendiri dari rumah. Soalnya seperti tempat wisata pada umumnya, harganya beda jauh bro. Jangan lupa bawa minum yang banyak karena tempat yang luas. jadi bakal cape jalannya. Ada tempat yang lapang buat piknik, jadi bawa tikar aja. Oia kita juga bisa berwisata menggunakan sepeda motor atau mobil kesayangan dengan harga tiket yang berbeda.

     Yang sedikit disayangkan dari ragunan adalah hewan yang kurang atraktif. Sebagian binatang disana hanya tidur bermalas-malasan membuat bosan pengunjung yang melihatnya. Selain itu perawatan taman yang kurang maksimal terutama bagian timur yang jarang dikunjungi. Serta para pengunjung yang tak bertanggungjawab merusak fasilitas yang ada.
Saat hari udah mulai gelap kita pulang lewat pintu timur. Nyebrang jalan terus naik angkot M17 lagi sampai ke stasiun. Wah seru dah pokonya hari ini.

taman margasatwa ragunan
Peta Ragunan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar