Jumat, Juni 28, 2013

Kawah Putih

     Liburan kali ini cukup bikin badan pegel-pegel. Selang 1 hari setelah ke PRJ, kita berangkat lagi ke Kawah putih, serpihan surga dunia. Udah lama banget kita pengen berwisata ke tempat ini dan baru kesampean sekarang. Seperti biasa, sebelum perjalanan jauh kita selalu melakukan persiapan.
Dari mulai pengecekan motor, siapin barang bawaan dan bekal, serta menghafal rute perjalanan.
Kali ini perjalanan full menggunakan motor dari bogor ke bandung via puncak, pokoknya rute yang kita lewatin itu:
Bogor > Puncak > Cianjur > Padalarang > Cimahi > Bandung > Soreang > Ciwidey.

     Kita mulai berangkat jam 05.30 dari Dramaga Bogor langsung meluncur kearah puncak dan baru melewati mesjid At ta'awun jam 07.00, disarankan menggunakan jaket yang rapat & tebal karena puncak pagi-pagi itu dingin banget. Setelah melewati puncakpass ga usah takut nyasar karena selama perjalanan akan ada petunjuk jalan arah ke Bandung, tinggal sering liat keatas aja.
Sampai di cipanas kita berhenti istirahat + pakai sarung tangan dan masker. Cuaca sedang cerah, lalulintas masih cukup lancar dan baru ketemu macet di daerah Bandung Barat.

     Setelah berada di bandung, patokan kita selanjutnya adalah terminal Leuwi Panjang. Tetapi sebelum sampai terminal (jl. Soekarno-Hatta), kita harus belok kanan ke arah Kopo/Soreang tepat di perempatan jalan lampu merah. Dari situ kita tinggal lurus aja mengikuti jalan besar sampai Ciwidey. Kita sampai di perempatan tadi jam 10.00 dan baru sampai Kawah putih sekitar jam 12.00.
Kontur jalan di sana pun cukup baik dengan suhu dingin dan pemandangan kebun stawberry. Di ujung jalan kita akan melihat tulisan KAWAH PUTIH di kanan jalan.

     Sampai di tempat ternyata lokasi kawahnya masih jauh diatas, jadi kita cuma parkir motor dan solat Dzuhur dulu. Tiket masuknya 61rb untuk 2 orang sudah termasuk parkir motor dan transportasi ke kawahnya bolak-balik namanya ontang-anting (sejenis angkot), per orangnya 28rb.
Perjalanan ke kawahnya sekitar 15 menit dengan jalan beraspal menanjak dan berliku-liku (supirnya jago banget). Oia, kalo yang mau bawa mobil pribadi bisa dibawa sampai ke atas, jadi ga perlu bayar buat ontang-anting. Sampai di atas siapkan masker anda (bawa dr rumah, disini dijual mahal) karena kalo ga terbiasa bau belerang akan sesak dan batuk-batuk. Jangan lupa juga siapkan mata dan kamera anda yang akan dimanjakan oleh pesona keindahan alam kawah putih.

     Kawasan yang dilindungi Perhutani ini berada di ketinggian 2.434m dpl di kawasan gunung patuha ciwidey bandung. Suhu disini berkisar 8-22 C, pemandangan disini cukup kontras dengan batuan kapur putih dan danau biru kehijauan.
Disekeliling danau terdapat tumbuhan hutan hujan tropis dan diseberang berdiri tegak tebing batu kapur. Suhu dingin dan situasi hening membuat suasana menjadi rileks.
Kawah ini terbentuk karena letusan gunung Patuha abad XII, namun karena daerah ini dipercaya angker oleh masyarakat sekitar, tidak ada yang mengetahui keindahannya hingga seorang peneliti Belanda Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) menemukan ke tempat ini.

     Setelah puas foto-foto di kawah putih, sekitar jam 16.00 kita kembali ke gerbang utama dengan diantar ontang-anting.  Sampai di bawah kita langsung solat ashar di mushalla, walaupun sebenernya di atas dekat kawah juga ada mushalla. selesai solat kita mulai berburu oleh-oleh. Tempat wisata ini ditutup jam 17.00 sehingga saat itu pengunjung telah sepi dan para pedagang oleh-oleh pun sudah mulai menurunkan harga. Ada macam-macam oleh-oleh yang bisa dibeli, namun kebanyakan berasal dari bahan dasar stawberry. Kita dapat 2 kotak kecil dan 2 kotak besar stawberry serta 2 topless manisan stawberry dengan total harga 50rb. Puas berbelanja kita langsung pulang melewati jalan yang sama.

     Di perjalanan tepatnya daerah Soreang kita menemukan penjual kacamata dengan harga 10rb-15rb. Setelah memilih kacamata yang sesuai, kita beli, terus dibersihkan, dan langsung dipakai selama perjalanan haha. Beberapa jalan tadi ada yang satu arah, jadi ada 2 jalan yang akan sedikit memutar namun akan kembali ke jalan tadi, jangan sampai masuk ke pintu tol Purbaleunyi. Kita baru sampai di daerah puncakpass sekitar jam 23.30 berhenti sebentar untuk istirahat sambil cari tukang gorengan dan baru sampai di Dramaga Bogor jam 01.00.

     Untuk yang ingin ke Kawah Putih dengan menggunakan angkutan umum bisa dengan naik bis apapun dari kota kalian yang penting ke Bandung dan turun di terminal Leuwi Panjang. Dari sini tinggal naik Elf / L300 jurusan Leuwi Panjang - Ciwidey dengan tarif 8rb turun di terminal Cibeureum. Sampai disana bakal banyak yang nawarin ke kawah putih (angkot kuning / ojek), tinggal pinter-pinter kita aja nawarnya. Biasanya mereka menggunakan sistem carter untuk pulang-pergi plus tiket masuk kawah putih sekitar 45rb-60rb.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar