Kamis, Juni 20, 2013

Tentang ban motor

     Kali ini gua mau coba belajar review tentang ban motor menurut pengalaman gua sendiri.
Buat temen temen bikers yang suka jalan-jalan menggunakan motornya, wajib rasanya untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum perjalanan jauh. Hal yang perlu diperhatikan biasanya seperti setelan rantai & rem serta tekanan angin ban. Nah, untuk yang terakhir ini sering jadi kendala.

     Kadang secara periodik tekanan ban akan berkurang yang biasa disebut ban kempes. Kalo udah kempes tinggal tambah angin aja. Tapi kalo ban udah bocor karena tertusuk paku, ban perlu ditambal.Cara menambal ban tergantung dari jenis ban motor yang kita pakai. Pas pertama gua beli motor baru, jenis bannya masih tipe tubetype yang artinya pake ban dalem sehingga ban luar cuma buat melindungi & mempertahankan gesekan dengan jalan. Ban dalem bertanggungjawab sepenuhnya dalam mempertahankan tekanan ban. Karena itu kalo ban tubetype bocor, yang ditambal ban dalemnya.

     Ada 2 cara menambal ban tubetype, pertama dengan menggunakan stiker khusus, caranya tinggal tempel stikernya menutupi titik yang bocor lalu beri tekanan agar merekat dengan kuat. Cara kedua dengan menempelkan karet ban bekas. Biasanya bagian ban yang bocor akan diamplas lalu dilem dengan karet ban dalam bekas kemudian dipanaskan agar karet yang tadi menyatu dengan ban dalam anda. Cara kedua ini katanya jauh lebih kuat dalam menambal ban dalam. Dalam setiap kali menambal, ban dalam harus dikeluarkan dengan mencongkel ban luar sehingga jika sering bocor akan merusak velg.

     Buat yang pake ban tubetype , kalo udah tertusuk paku ban akan langsung kempes. Akan merusak velg jika tetap kita naikin. Jadi kalo bocor, siap-siap dorong motor sampai ketemu tambal ban. Nah, gimana kalo bocornya pas malem-malem. Ga semua tukang tambal ban buka 24 jam loh. Karena alasan ini, gua memutuskan untuk mengganti ban dengan tipe tubeless. Ban tipe ini gak langsung kempes kalo tertusuk paku, kadang bisa tahan sampai 1 hari dengan paku menancap di ban sehingga masih dapat dikendarai sampai tambal ban terdekat. Selain itu kita juga dapat terhindar dari kejahatan dengan modus tebar paku.

     Ban tipe tubeless memiliki lapisan yang lebih tebal dan tidak membutuhkan ban dalam sehingga cara menambalnya tidak perlu membuka ban. Cara menambal ban tubeless dengan metode suntik yaitu dengan mencabut pakunya terlebih dahulu, lalu menyuntikkan sejenis karet yang dapat menutup lubang bocor tadi. Kelemahan dari metode ini adalah jika hasil tambalan sebelumnya bocor lagi, terus masih kita tambal, kekuatan tambalan kedua akan melemah. selain itu hasil tambalan akan terdapat tonjolan karet, walaupun sudah kita potong tetap sedikit terasa saat motor dikendarai. Kabarnya selain menggunakan cara diatas, kita juga dapat menambal ban tubeless hanya dengan lem seperti PowerGlue. Tetapi hal ini masih menjadi perdebatan karena sifat lem yang tidak cocok dengan kondisi yang dihadapi ban. Oia, kalo pake ban tubeless, sering-sering diperiksa ada pakunya gak, soalnya kadang tidak terasa jika belum kempes. Ban jenis ini cocok digunakan di perkotaan dengan kontur jalan rata. Tidak cocok digunakan untuk motor yang sering melewati jalan yang tidak rata seperti bebatuan karena sifat ban tubeless yang kaku.

     Ban tubeless gua udah di tambal di 4 titik berbeda, dengar saran dari tukang tambal ban, lebih baik  pake aja cairan anti bocor. Setelah dicari akhirnya ketemu, cairan anti bocor, sudah banyak dijual seperti M-One, Tire Guard, Michel dan lain lain. Cairan ini seperti gel, dimasukkan ke dalam ban (tidak untuk ban dalam) dan akan menggenang di bawah ban. Cairan ini akan menutup setiap lubang dan akan merekat seperti lem sehingga jika ban tertusuk paku, tinggal cabut pakunya dan cairan tersebut akan langsung menutup lubang barusan. jadi gak perlu ditambal lagi. Disarankan untuk memilih produk ini dengan hati-hati, karena jika cairan ini bersifat korosif akan merusak lapisan alumunium velg. Jadi kalo mau aman dan nyaman dalam berkendara, perhatikan jenis ban dan perawatannya. Selamat berkendara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar