Jumat, April 05, 2013

Belajar Bicara

     Komunikasi adalah proses bertukar informasi antar dua pihak atau lebih, berasal dari bahasa latin communis yang berarti "sama". Teringat pesan dari kakak kelas saat meng-ospek adik kelas, "kalau pesan kalian mau didengar mereka, samakan suhu kalian dengan mereka dan jangan cuma bicara tanpa arti".
     Ya, Hidup memang proses belajar tanpa henti. Tidak harus dari guru, kita bisa belajar dari siapa saja, walau benda mati sekalipun. Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah berbicara. Lahh,,  memang apa susahnya bicara? tentunya bukan cuma bicara asal saja.
Kita sudah mulai belajar bicara sejak balita, dari mulai panggil mama papa sampai mengoceh semaunya, malah bisa berbincang dengan orangtua-nya. Semakin besar kita menyadari bicara adalah sebuah alat untuk berteman, tukar informasi, berekspresi, dan lain lain. Namun setelah dewasa, bicara menjadi lebih penting. Ia menjadi media untuk menyelesaikan masalah.

     Tapi kadang, justru berbicara adalah sebuah masalah. Ga PD, takut salah ngomong, dan grogi menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Hingga hal tersebut menghambat produktifitasnya. Maka memulai bicara dapat mendorong kita untuk lebih percaya diri, karena kadang keberanian lebih penting dari kesiapan.
Mungkin beberapa telah berani memulai bicara, namun bicara masih belepotan / masih tidak terstruktur, apalagi didepan publik. Nah, disini baru buat persiapan yang matang, jangan lupa untuk terus berlatih bicara dalam setiap kesempatan, ga masalah ditertawakan saat bicara tidak lancar atau masih salah-salah, itu adalah proses belajar. Setiap orang pasti melalui itu.

     Nah, kalo udah sampai sini tuntutan skill jauh lebih tinggi. Karena di beberapa tempat, mereka tidak hanya membutuhkan orang yang berbicara lancar, namun memiliki seni dalam berbicara.
Contoh di beberapa tempat diperlukan orang yang dalam berbicara memiliki efek persuasif, orang yang jago meyakinkan seseorang, mempengaruhi seseorang dan lain-lain.  Kadang kemampuan tersebut memang bawaan atau dengan latihan yang mendalam. Yang jelas bukan digunakan untuk hal-hal yang merugikan pihak lain.
Sekali lagi, hidup adalah proses belajar, mari kita perbaiki lagi cara bicara kita, karena belajar tidak mengenal kata berhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar