Selasa, Mei 14, 2013

SKS

    Bro, buat kita para mahasiswa pasti udah ga asing lagi sama yang namanya UTS dan UAS.
Kedua makhluk ini selalu jadi momok menakutkan di akhir periode perkuliahan.
Ujian Tidak Serius dan Ujian Agak Serius, itu joke temen temen kuliah dalam menghibur diri menghadapi ujian.

    Memang sistem pendidikan disini mengharuskan mahasiswanya menghadapi ujian dengan materi yang ditumpuk 7 minggu sebelumnya. Akhirnya, mahasiswa sejenis saya hanya akan belajar saat dekat-dekat ujian sehingga apa yang saya pelajari hanya hal-hal yang menyangkut ujian tanpa peduli urusan kedepannya.
Seperti ujian-ujian sebelumnya, saya hanya perlu 1-2 minggu untuk mempersiapkan materi yang biasa dipelajari 7 minggu penuh.

    Dengan mengandalkan memori jangka menengah (emang ada?), sekitar 6-8 matakuliah siap dijejalkan kedalam otak. Keren sih, hasilnya juga ga terlalu mengecewakan.
Masalahnya, hanya beberapa langkah setelah keluar dari ruangan ujian semua materi itu manguap, membuang muatan yang tidak diperlukan untuk menambah ruangan dalam otak sehingga dapat digunakan untuk materi ujian besoknya. Jadi, materi itu cuma singgah sesaat di otak abis itu pergi lagi. Datang, kerjakan, lupakan. Terus gimana kalo materi itu digunakan dalam mempelajari matakuliah lanjutannya? gimana kalo materi itu sangat diperlukan dalam dunia kerja?

    Sampai sekarang saya belum bisa merubah cara belajar saya ini.
Selama kuliah biasanya cuma tidur dikelas, kadang ngobrol atau malah maen laptop. Kalo ada PR jarang ngerjain, sekalinya ngerjain dapet nyontek. Kalo ada kuis ngerjain seenaknya.
Nyatet cuma buat beberapa matakuliah doang, sisanya fotocopy catetan temen, modulpun ga punya, cuma punya slide softcopy (go green bro).

    Kadang beberapa orang berfikir hal ini kurang adil karena banyak yang udah belajar dengan rajin tapi hasilnya masih dibawah yang males belajar.
Hal ini tidak benar karena mahasiswa sejenis saya akan memadatkan jadwal belajarnya sehingga fokus dan efektif. Jadi kalo di kuliah terlihat ga belajar.
Kadang ada juga yang bilang sombong karena gamau ngajarin jauh hari sebelum ujian, biar ga ngeganggu belajar saya juga.

    Bukan gamau ngajarin, tapi karena di pertengahan periode UTS atau UAS saya sama ga ngertinya dengan kalian. Sistem belajar saya SKS (Sistem Kebut Seminggu), tentu hal ini ga cocok buat yang tidak betah berlama-lama belajar. Beruntung karena jurusan saya cocok dengan minat saya, jadi belajar justru menyenangkan. Alhamdulillah hasilnya pun cukup memuaskan.

Tips buat SKS:
- menyukai matakuliahnya
- siapin bahannya, harus punya contoh soal dan jawabannya + modul atau buku pegangan
- Baca doa, buat ruangan senyaman mungkin, siapin cemilan
- belajar pelan-pelan, kalo gabisa baca ulang, salin dulu jawabannya terus ulangi lagi tanpa liat jawaban
- jangan belajar diatas tempat tidur, gampang ketiduran nanti


Sukses bro buat kuliahnya !

2 komentar:

  1. Mantappp Gannn, tapi buat yang kuliah, jangan sering2 dipake, supaya kuliahnya ada hasil... He he he..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tuh, jangan sampe SKS jadi kebiasaan. Dipake kalo kepepet waktu aja. haha.

      Hapus