Sabtu, Juli 06, 2013

5 bidang minat Matematika

     Sebagai seorang mahasiswa matematika, rasanya berdosa kalo di blog saya ga ada satupun postingan tentang matematika. Sebagai awalan kita ceritain aja tentang bagian-bagian matematika.
Di Departemen Matematika IPB, terdapat 5 bidang minat yang ditawarkan, yaitu Matematika Murni, Komputasi, Riset Operasi, Ekonomi Keuangan dan Aktuaria, serta Pemodelan.
Kelima bidang minat ini yang pada akhirnya harus dipilih sebagai topik dalam tugas akhir mahasiswa S1.



1.  Matematika Murni
     Konon katanya, bidang ini merupakan inti dari matematika. Ia  berperan dalam menunjang bidang-bidang lain di matematika dengan mengembangkan konsep-konsep dasar matematika. Isinya tentang Logika Matematika, Kalkulus, Analisis Real, Struktur Aljabar,  Teori Ruang Vektor, Geometri, Teori Bilangan, dan lain lain. Untuk mendalami bidang ini dibutuhkan dasar-dasar konsep matematika yang kuat karena sebagian besar aktifitas disini adalah pembuktian. Peran Matematika Murni dalam kehidupan sehari hari:
- Kriptografi : enkripsi dan persandian pesan agar informasi rahasia tetap aman

2.  Komputasi
     Nih bagian matematika yang temenan sama ilmu komputer. Mainannya koding, GUI dan software. Matematika Komputasi berperan dalam:
- Perhitungan matematika skala besar
- Analisis Numerik : Pendekatan nilai eksak
- Fuzzy (yang ini belum ngerti)
- Image Processing : Memecahkan masalah gambar dengan matematika (puzzle, gambar blur, face detect, dll)

3.  Riset Operasi
     Nah, buat yang ga suka materi abstrak, atau yang suka memodelkan permasalahan sehari-hari menjadi sebuah algoritma, bagian ini yang cocok buat kalian. Riset Operasi berperan dalam memecahkan masalah optimasi, matching dan lain lain. Isi dari bidang ini ada Pemrograman Linear & non Linear, Matematika Diskret, Graf Algoritmik. Aplikasi Riset Operasi:
- Optimasi industrial dengan berbagai kendala
- Matching problem : masalah penjodohan
- Scheduling : Penjadwalan matakuliah, penerbangan,
- Mitigasi Bencana
- Supply Chain : Bahan > Produksi > Distribusi > konsumen
- Diet problem : Pemilihan bahan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi
- dan masih banyak lagi...

4.  Matematika Ekonomi, Keuangan dan Aktuaria
     Kalo yang ini bidang minat yang paling seger, soalnya kerjaannya ngitungin uang. Disini kita akan mengembangkan model matematika terkait ekonomi dan pasar modal serta aplikasi peluang dalam Aktuaria. Untuk mendalami bidang ini perlu dasar wawasan tentang keuangan dan ekonomi. Aplikasi matematika:
- Memodelkan pergerakan nilai saham, nilai uang dan suku bunga
- Menentukan cadangan premi asuransi, risk management
- Dinamika pergerakan ekonomi

5.  Pemodelan Matematika
      Buat yang terakhir ini kita memodelkan berbagai hal kedalam model matematika, sehingga kita dapat diketahui sifat-sifatnya, dan dapat diramalkan kondisi dalam jangka panjang. Isinya tentang persamaan diferensial biasa, teori peluang, proses stokastik, sistem dinamika, dan model empirik. Aplikasinya:
- Pemodelan dinamika ekonomi
- Demografi : model kependudukan
- Statistika Matematik
- Model Penyebaran Penyakit, Polutan
- dan masih banyak lagi...


Kalo saya sih lebih ke arah Riset Operasi, soalnya seru dan menantang logika. Yak, untuk sekarang segini dulu aja. Kedepannya kita juga bakal bagi-bagi ilmu menarik seputar matematika.

"Mathematics: Queen and Servant of Science. . ."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar