Minggu, Juli 21, 2013

Kerja ikhlas

     Hampir setengah tahun ini gua ga ngajar lagi, ga dapet tambahan uang saku neeh. Alasannya karena ada kesibukan lain di organisasi, jadi diputuskan untuk cuti ngajar dulu selama setahun (semester 6-7). Rasanya amanah kali ini cukup memberatkan, tapi lama kelamaan udah mulai bisa dinikmatin, intinya coba kerja ikhlas, lama lama kerja bakal terasa menyenangkan.

     Jadi inget waktu pertama kali gua ngelamar jadi pengajar di bimbel Mafia Clubs. Waktu itu gua tipe orang yang public speaking-nya ancur banget. Cuma berbekal nekat + transkrip nilai yang lumayan laah, akhirnya gua berani melamar jadi pengajar disana. Awal juli tuh. Ah yang jadi masalah, ternyata buat jadi pengajar disini ada test mengajarnya. Gua dihadapkan dengan 3 orang penguji yang juga jadi pengajar senior disini. Ini pertama kalinya gua ngajar secara formal, keringetan dah, gugup, blank semua materi yang mau dijelasin. Disitu gua ngajar tentang limit dan kekontinuan dari materi UAS Pengantar Matematika (PM), tapi saat itu gua ngajarnya gak terstruktur banget, kebanyakan eee eee-nya, dan penguji pun udah mulai ketawa dengan tingkah gua disitu. Oke... Kayanya hasilnya ga bakal bagus neh. Yaudah, pasrah aja deh. Tapi,, diluar dugaan, besoknya gua dapet sms diterima jadi pengajar. Waaahh kereeen, padahal udah pesimis banget ga diterima. Alhamdulillah. Tinggal tunggu dikasih murid aja.

     Tiba tiba....
Hari ini, dua tahun yang lalu, ada yang sms gua minta diajarin PM, ga kenal juga ini siapa. Tapi apa yang terjadi??? gua ajarin dia beberapa pertemuan secara gratis. bukan gratisnya yang mau gua ceritain. Yang ada di pikiran gua, ini jadi kesempatan gua buat belajar mengajar tanpa terikat kontrak. Saat itu gua gak kepikiran buat pamrih walau kenyataannya di lapangan ada modus-modus juga. haha. Dia belajar matematika, gua belajar mengajar. Cukup adil lah.

     Jujur, pertama kali pengen jadi pengajar tuh bukan buat cari duitnya. Cuma pengen cari pengalaman dan menyalurkan potensi. Nah itu dia,, kalo balik lagi ke tujuan awal, kenapa ga diasikin aja ngajarnya, kenapa sekarang malah jadi beban..
Lama kelamaan gua mulai menikmati kerjaan mengajar ini. Dulu setiap mau ngajar selalu deg-degan, tegang dan takut salah.  Tapi sekarang ngajar jadi kegiatan yang ditunggu-tunggu, ketagihan gitu. Jadi serasa rekreasi di sela-sela proses belajar di kampus. Ngajar itu menurut gua adalah seni, karena ga gampang transfer ilmu dari si pengajar ke murid, skill komunikasi kita dilatih disini. Belom lagi kalo ketemu murid yang agak kurang, harus sabar ngajarinnya. Kadang kita ga cuma berbagi ilmu pelajaran, tapi juga sharing-sharing pengalaman hidup. Pokoknya seru asalkan kerja ikhlas.

     Iya tuh,.. kerja ikhlas. Ini yang bakal ngebedain kita dengan yang lain. Karena saat anda ikhlas maka beban akan terasa ringan karena ga ada keuntungan personal yang dikejar. Seperti samurai dari kata saburau yang berarti melayani. Dengan begitu kita bisa totalitas ngerjainnya dan akhirnya menikmati kerjaan kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar