Jumat, Juli 12, 2013

Sakit lagi kaan

     Awal puasa tahun ini enggak enak banget. Hari pertama udah sakit-sakitan. rasanya badan meriang dan tulang pegal-pegal.Padahal jarang jarang loh gua sakit kaya gini. Kalo dipikir-pikir kayanya ini gara gara kemarennya gua keujanan. Pas mau pulang ujannya kecil, jadi gua pikir ga usah pake jas ujan dan langsung berangkat naik motor, tapi di perjalanan hujannya makin deres jadinya basah kuyup dan baru pake jas ujan waktu ketemu SPBU terdekat.

     Baju basah plus angin malam di motor dengan perjalanan sekitar 45menit cukuplah bikin meriang. Apalagi ditambah istirahatnya kurang dan lagi banyak pikiran. Tapi mungkin buat orang biasa, keujanan bukan masalah. Beda ama gua yang dari kecil ga boleh maen ujan-ujanan. Alasannya karena waktu kecil gua punya penyakit asma. Akibatnya sekarang kalo keujanan dikit bisa bikin sakit.

     Melindungi anak itu bagus, tapi jangan terlalu berlebihan. Sebaliknya, ajak anak untuk beradaptasi dengan cuaca buruk dan kondisi lingkungan gak steril, biar daya tahan tubuh anak berkembang. Jadi kalo keujanan lagi ga bikin sakit. Jangan sering sering kasih obat ke anak. Misal cuma pilek dikit kasih obat warung 3 kali sehari. Lama-lama badannya malah ketergantungan ama obat dan males melawan penyakitnya sendiri. Yang terakhir jangan kebanyakan males-malesan, ajak badannya olahraga.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat biar tubuh ga gampang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar